Berkomunikasi
dengan Baik
Memiliki
kemampuan berkomunikasi adalah keterampilan terpenting dalam kehidupan sosial
kita. Walapun kita telah merasa sebagai komunikator yang baik, selalu ada
kesempatan dan peluang untuk memperkaya keterampilan berkomunikasi. Apalagi di
era globalisasi seperti sekarang ini. Setiap individu yang merupakan
komunikator yang baik tentu sangat mudah untuk mengembangkan empati dan
kepercayaan dengan orang lain. Mereka mengadaptasi gaya komunikasi mereka agar
sesuai dengan khalayak dan situasi dimana ia berada.
Komunikasi adalah
proses dua arah yang sangat kompleks. Proses komunikasi efektif melibatkan
berbagai unsur komunikasi atau elemen-elemen komunikasi atau komponen-komponen
komunikasi dan melalui tahap-tahap komunikasi sebelum kesamaan pemahaman dicapai.
Selain itu, hambatan-hambatan komunikasi serta faktor-faktor yang mempengaruhi
komunikasi juga berperan besar dan efektivitas komunikasi.
Komunikasi verbal
adalah komunikasi yang terjadi dengan berbicara pada orang lain sedangkan non verbal adalah komunikasi yang
terjadi melalui perantara atau media. Dalam komunikasi verbal maka sangat
penting untuk bisa menyusun kata-kata yang keluar dari mulut kita menjadi
sebuah informasi yang dapat dimengerti, berguna dan menarik bagi orang lain.
Komunikasi yang jelas akan membuat orang lain memperhatikan dan menghargai apa
yang kita bicarakan.
Teknik Komunikasi
yang Baik
Sebagai hal yang
selalu dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi harus dilakukan dengan
baik. Berikut adalah beberapa teknik komunikasi yang baik:
1.
Bicara dengan jelas
Komunikasi intinya
adalah menyampaikan pesan kepada lawan bicara, dan tugas kita adalah bagaimana
agar pesan tersebut sampai sesuai dengan keinginan kita. Yang paling penting
adalah bicara apa yang kita maksudkan dengan jelas, supaya tidak ada kesalahpahaman.
2.
Mendengarkan dengan baik
Seperti yang telah
diulas sebelumnya, mendengarkan adalah hal yang sangat penting dalam
komunikasi. Tanpa kita berusaha mendengarkan baik, komunikasi yang terjalin
tidak akan efektif. Kita tidak memperhatikan apa yang dibicarakan orang lain
dan membuat komunikasi jadi terhambat.
3.
Perhatikan lawan bicara
Kita berkomunikasi
dengan lawan bicara, maka kita harus perhatikan lawan bicara kita. Dengan
begitu, lawan bicara merasa dihargai dan komunikasi berjalan lebih lancar.
Kalau sudah begitu, hubungan yang terjalin dengan lawan bicara pun akan terus
terjalin dengan baik.
4.
Konfirmasi jika merasa salah paham
Dalam berkomunikasi,
kita tidak dapat terhindar dari adanya kesalahpahaman. Kesalahpahaman bisa
terjadi karena berbagai hal, misalnya gangguan lingkungan atau ketidakfokusan
kita dalam menyimak. Karena itu, perlu dikonfirmasikan langsung hal yang
disalahpahami guna meluruskan keadaan.
5.
Perhatikan komunikasi non-verbal
Seperti yang dibahas
sebelumnya, komunikasi bukan hanya soal bicara atau verbal. Ada juga
aspek-aspek komunikasi non-verbal dan justru peranannya jauh lebih besar
dibanding komunikasi verbal. Contoh dari komunikasi non-verbal adalah gestur
tubuh, mimik wajah, penampilan, tanda baca, dan lain sebagainya.
6. Menggunakan Etika Dalam Komunikasi
Etika sendiri merupakan nilai dan norma yang
berlaku untuk dijadikan pandangan dan standar manusia dalam bertindak dan
bertingkah laku. Dalam kaitannya dengan komunikasi, etika komunikasi mencakup
segala nilai dan norma yang menjadi standar dan acuan manusia dalam
berkomunikasi dengan orang lain. Etika komunikasi menilai mana tindakan
komunikasi yang baik dan buruk berdasarkan standar yang berlaku.
Etiket
Komunikasi
1. Pengunaan bahasa
yang baik dan intonasi yang sesuai.
2. Mengucapkan permisi
ketika lewat di depan orang lain.
3. Mengucapkan tolong
ketika minta bantuan.
4. Mengucapkan terima
kasih ketika mendapat bantuan.
5. Mengucapkan maaf
ketika melakukan kesalahan.
6. Menghormati
orang-orang yang lebih tua.
7. Mengurangi kebiasaan
menyela ucapan orang lain.
Manfaat Mempelajari
Etika Komunikasi
Setelah membahas berbagai hal mengenai etika
komunikasi, berikut adalah manfaat dari mempelajari etika komunikasi:
- Melancarkan komunikasi dengan orang lain.
- Memahami apa yang dikomunikasikan orang lain.
- Diterima dalam sosial masyarakat karena mengikuti etika yang berlaku.
- Memperkuat hubungan yang terjalin dengan orang lain.
- Pesan yang disampaikan dapat diterima dengan lebih baik.
- Dihargai orang lain karena kita menghargai mereka juga.
- Tidak bertindak sembarangan dan seenaknya dalam berkomunikasi.
Sumber
:
https://pakarkomunikasi.com/cara-berkomunikasi-dengan-baik
0 komentar:
Posting Komentar